GRIEVANCE
Penyampaian Keluhan
NSC/NEA menetapkan mekanisme penyampaian keluhan yang akan memungkinkan masyarakat, komunitas-komunitas atau individu masyarakat yang terkena dampak untuk mengajukan keluhan-keluhan dan agar mendapat tanggapan yang memuaskan secara tepat waktu. Sistem akan mencatat dan mendokumentasikan semua keluhan-keluhan dan tindak lanjutnya. Keluhan yang muncul sebagai akibat dari kegiatan-kegiatan proyek akan diselesaikan dengan mengacu pada suatu mekanisme penanganan keluhan yang ditetapkan. Prinsip-prinsip mekanisme penanganan keluhan adalah sebagai berikut:

  • Hak-hak dan kepentingan-kepentingan para pihak terkait proyek dilindungi
  • Masalah-masalah yang dihadapi para pihak yang muncul dari proses implementasi proyek diselesaikan secara sungguh-sungguh, dengan cara dan waktu yang tepat;
  • Dukungan sumber penghidupan (livelihood) untuk MAKL penerima manfaat diberikan pada waktu dan sesuai dengan rencana yang telah disetujui
  • Masyarakat menyadari hak-haknya, dan mampu mengakses prosedur pengaduan keluhan secara cepat dan gratis
  • Mekanisme penanganan keluhan sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Informasi tentang prosedur dan mekanisme pengaduan keluhan dan proses penanganannya dapat diakses atau dijangkau oleh seluruh lapisan dan ketegori kelompok masyarakat.
Keluhan disampaikan melalui SMS 0811 1141 849 dengan format [NAMA_ASAL KOMUNITAS_LOKASI PROYEK HIBAH_ISI KELUHAN] Atau mengisi kolom dibawah ini :
Laporkan